Wirid Harian

Wirid Harian


Wiridan. Wirid merujuk pada warada (tunggal), artinya hadir. Di berbagai ayat arti wirid itu bisa beda-beda. Itu persis kata sholat. Kalau tak salah, kata sholat ada 60 lebih kata dalam Alquran. Nah kaum liberal, sering kali mengambil kata sholat di luar makna praktik sholat.

Dalam wirid itu ada wirid harian. Dalam satu pekan, wirid harian ini berbeda-beda. Misalnya hari ini hari Selasa. Wirid yang dibaca, wirid menolak bala: audzubikalimatillahi tammati min syarri maa kholaq...... masih ada lanjutannya.
Jadi prakti wirid jangan dianggap enteng.



Wirid ini kemudian dilembagakan sebagai bagian aktivitas berdzikir dan berdoa dengan terus-menerus melakukan aurad (jamak dari wirid), yang disarikan dari Baginda Nabi Muhammad SAW. Ada satu hal yang harus disadari, berdoa itu adabnya, diawal dan diakhiri sholawat.

Banyak yang mengeluh, kok saya wirid terus dan berdoa terus, gak dikabul-kabul ya. Jangan-jangan ketika berdoa tak disertai adab berdoa; mengawali dan mengakhiri dengan sholawat. Tapi satu hal yang harus diingat, kehendak kita itu tak selalu koheren dengan kehendak Allah.

Jadi core-nya, wirid menghadirkan Allah, dzikir mengingat Allah. Secara umum, wirid itu dibatasi jumlah wirid, dzikir itu tak terbatas, kapan dan di manapun. Hal dasar seperti ini, harus dikuasai sejak awal agar kita tak salah melangkah. Jangan bicara hal besar dulu soal khilafah.

Wirid itu diharapkan dapat menentramkan jiwa, menenangkan batin dan bisa melakukan kontrol dengan baik. Jika orang terbiasa wirid dan berdzikir, ia tak akan cemas dengan hasil sidang MK, tak akan cemas siapa yang jadi presiden. Kenapa? Karena hatinya sudah terikat pada Allah.

Kultwit ini sekadar menekankan bahwa wirid harian itu bacaannya berbeda-beda. Nah dalam tradisi tarekat, tasawuf, setiap Mursyid dari sebuah tarekat, punya pola dan tahapan yang berbeda dalam bacaan wirid. Tapi muaranya sama.
Usia kita tak lama di dunia. Mari kita berserah diri

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Terpopuler

Lima Tips Cari Jodoh

Lima Tips Cari Jodoh

Banyak sekali orang yang hidup mewah, pendidikan tinggi dan kebutuhan lebih dari cukup t…