Bagaimana Rumah Bisa Ditaburi Cahaya Allah?

Bagaimana Rumah Bisa Ditaburi Cahaya Allah?


Alquran adalah sumber dari segala sumber kehidupan manusia. Firman Allah ini menjadi rujukan sumber hukum umat islam.  Ia senantiasa menjadi pilar penyangga kehidupan umat Islam dalam melakoni hidup dan kehidupan ini. Persoakannya kemudian, bagaimana agar hidup kita ini selalu di bawah panji-panji Alquran. 

Semuanya harus dimulai dari rumah. Bagaimana agar rumah selalu ditaburi cahaya dan dijenguk para malaikat? Kunci yang paling dasar adalah para penghuni harus selalu mengingat Allah. Orang sering bicara hiasilah rumahmu dengan Alquran. Tentu kata hiasi ini tak sekadar metafor. Hiasilah merujuk pada kata membaca.

Banyak yang menjadikan Alquran hanya sebagai hiasan. Di rumah bisa ada tiga atau empat Alquran tapi disentuh dan dibuka, amat jarang. Bahkan ada yang selama satu tahun, tak dibaca. Berat kalau begini caranya.

Rumah itu tempat persinggahan anggota keluarga. Tempat bercengkerama. Meski kadang ada amarah, ada konflik antar anggota keluarga, membaca Alquran itu harus dijadikan peranti. Ini step kedua setelah step awal, bahwa para penghuni rumah, harus salat. Jika tidak, auranya suram.



Ada pesantren dekat rumah, memanfaatkan ibu-ibu di sekitar rumah tuk memasak, persiapan para santri dan santriwati. Tapi pesantren ini selalu ada konflik antar ustaz. Setelah dicek, ya itu. Ada yang tak salat. Ibu-ibu yang memasak itu, sebagian tak salat. Apakah ini berefek? Ya.

Sayangnya faktor ini tak diperhatikan Pak Yai. Pak Yai ini adik kelas jauh waktu di kampus, saya sudah keluar, dia baru masuk beberapa tahun kemudian. Siapa saja, baik di rumah atau di pesantren, jika ada orang yang terlibat di dalamnya, akan punya efek.

Amalan-amalan agar rumah selalu ditaburi cahaya Allah dan agar para malaikat mau mampir di rumah kita, tentu syarat yang utama, para penghuni rumah harus menjalankan salat. Selain salat lima waktu harus dijalankan, para penghuni rumah juga jangan meninggalkan bacaan Alquran. Rumah yang dihiasi bacaan-bacaan Alquran ia akan selalu mendapat pendaran cahaya Allah. Ingatlah satu hal, Allah senang sekali pada hambanya yang jika malam tiba, membacakan ayat-ayat-Nya. Ada beberapa amalan yang bisa menjadi rumah kita bercahaya.  


Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan didatangi malaikat, dijauhi setan, dan akan dibanjiri pula kebaikan di dalamnya. Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat, dan akan didatangi setan serta tidak akan banyak kebaikan di dalamnya, jika tidak dibacakan Alquran. (Riwayat Ad-Darimi)

Allquranan adalah sumber pahala dan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala. “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran, baginya satu pahala dan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. ‘Alif laam miim’ itu bukan satu huruf, namun alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf.” (Riwayat Tirmidzi)


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Terpopuler

Lima Tips Cari Jodoh

Lima Tips Cari Jodoh

Banyak sekali orang yang hidup mewah, pendidikan tinggi dan kebutuhan lebih dari cukup t…