Yuk Nikmati Sensasi Tol Laut Hong Kong - Makau

Yuk Nikmati Sensasi Tol Laut Hong Kong - Makau


KABARLAIN - Bosan ke Makau  naik Ferry? Yuk, kita jajal tol laut Hong Kong – Makau! Selain murah, jika dibanding menggunakan transportasi feri. Naik bis lebih ramah di kantong, selain itu perjalaanan lebih cepat yakni 45 menit. Beberapa hari yang lalu penulis mencoba menikmati sensasi naik bis dari Hong Kong ke Makau melalui jalur tol laut. Berada di bis melintasi laut yang begitu luas membentang antara Hong Kong dan Makau, rasanya mendebarkan dan pasrah.

Untuk pengetahuan kita bersama, tol laut Hong Kong – Makau disebut sebagai jembatan terpanjang di dunia. Jembatan tersebut dinamai Hong Kong–Zhuhai-Macao-Bridge (HZMB), diresmikan pada 23 Oktober 2018 oleh Presiden Cina Xi Jinping.



Jembatan sepanjang 55 km tersebut saat diresmikan cukup menyedot perhatian dunia. Sebelumnya, Cina adalah pemegang rekor jembatan laut terpanjang di dunia, yang ada di teluk Jiaozhou sepangjang 42 km. Letaknya di semenanjung Shandong, dan menghubungkan Qingdao dan Huangdao.

Jika Anda melintasi jembatan ini, tidak perlu takut karena jembatan tersebut benar-benar kuat dengan bahan material raksasa baja dan beton. Menurut informasi yang dihimpun penulis, sekitar 400.000 ton baja digunakan dalam konstruksi jembatan raksasa tersebut. Volumenya 4,5 kali lebih banyak baja dari yang digunakan untuk membuat Jembatan Golden Gate di San Francisco. Menurut pemerintah Cina, jembatan tidak hanya mampu menahan gempa bumi berkekuatan 8 pada skala Richter, tapi juga tahan jika tertabrak kapal angkut barang.

Nah berrikut caranya ke Makau dari Hong Kong menggunakan transportasi bis melintasi jembatan HZMB. Bila Anda menggunakan MTR, Anda turun di  Sunny Bay MTR station exit A, kemudian naik bis nomer B5 sekitar 25 menit dan turun di terminal akhir yakni HZMB. Jika naik bis, semua bis yang menuju ke airport turun di terminal 2. Kemudian naik lagi bis menuju ke HZMB. Tetapi ada juga bis yang langsung menuju ke HZMB.

Tiket bis dari Hong Kong ke Makau dan dari Makau ke Hong Kong adalah HKD 65  pada siang hari dari jam 06.00 sampai jam 23.59 dan HKD 70 untuk tiket malam hari yakni jam 24.00 sampai 05.59 pagi. Untuk konsesi tiket dijual dengan harga HKD 35. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi website https://www.hzmb.gov.hk/en/index.html (Ida Royani)


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Terpopuler

Wirid Harian

Wirid Harian

Wiridan. Wirid merujuk pada warada (tunggal), artinya hadir. Di berbagai ayat arti wirid …
Janji Allah itu Pasti

Janji Allah itu Pasti

Janji Allah, tepatnya ketentuan Allah, termaktub di surat Al-Maidah:54. Jika pada satu kaum ada yan…