Wilayah Hong Kong - Makau, Ini Persyaratan Nyoblos Langsung di TPS

Wilayah Hong Kong - Makau, Ini Persyaratan Nyoblos Langsung di TPS


KABARLAIN,Hong Kong – Jelang Pemilu 17 April 2019, Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Hong Kong-Makau  gencar melakukan sosialisasi pemungutan suara kepada warga negara Indonesia (WNI) di Hong Kong. Tak hanya sosialisasi secara tatap muka saja, namun juga gencar di media sosial seperti facebook.

Menurut Suganda Suprapto, ketua PPLN  Hong Kong – Makau, ia berharap WNI di Hong Kong-Makau berpartisipasi aktif untuk menyalurkan suaranya dalam Pemilu 2019 yang bakal digelar pada Minggu, 14 April mendatang.

Menurut Suganda, ada dua acara pemungutan suara di Hong Kong. Cara pertama melalui pos dan datang di tempat pemungutan suara (TPS). 



“Bagi yang sudah mendaftar melalui pos, pada Senin (18/3) surat suara sudah mulai kami kirim. Dan bagi yang telah mendaftar melalui petugas PPLN, aplikasi PPLN, email, whatsapp, dan sudah mendapat balasan di TPS mana akan memilih silakan datang dan mohon tertib,” kata Suganda saat memberi sambutan pada acara sosialisasi mekanisme saksi dan kampanye yang digelar Panwaslu Hong Kong – Makau pada Minggu (17/3) lalu.

Dan bagi yang belum pernah mendaftar, lanjut Suganda, bisa datang langsung ke TPS sebagai daftar pemilih khusus (DPK). “Namun hanya memilih di jam terakhir, apabila surat suara masih tersedia. Dan ingat! Harus membawa dokumen paspor asli, SPLP, HKID, atau E-ktp sebagai persyaratan,” tandasnya.

Niki, buruh migran Indonesia (BMI) yang bekerja di kawasan Sheung Wan mengaku bahwa ia telah mendaftar melalui pos karena lebih praktis. “Kemarin hari Kamis tanggal 21 Maret, saya telah menerima surat suara via pos. Rencana saya, setelah saya coblos akan saya kirim kembali kalau sudah dekat-dekat waktunya nyoblos saja. Takutnya kalau cepaat-cepat dikirim kembali nanti malah disalah gunakan,” ungkap Niki. Niki juga menceritakan pada Pemilu 2014, ia mencoblos di Makau.

Untuk tempat pencoblosan Wilayah Hongkong - Makau, ada empat lokasi TPS. Pertama di Queen Elizabeth Stadium, 18 Oi Kwan Road, Morrison Hill, Wan Chai, Hong Kong Islands, kedua di Tsim Sha Tsui District Kai Fong Association Hall, 136A Nathan Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon, ketiga di Yuen Long Town Hall, Tai Yuk Road, Yuen Long, New Territories, dan keempat di Tap Seac Multi-sports Pavilion, Macao Av. Conselheiro Ferreira de Almeida 95, Makau.


PPLN Hong Kong-Makau juga menginformasikan bahwa PPLN telah mencatat sejumlah 180.232 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Luar Negeri (DPTHPLN) Tahap 3. Jumlah pemilih tersebut telah disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 15 Desember 2018 lalu. (Ida Royani)


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Terpopuler

Wirid Harian

Wirid Harian

Wiridan. Wirid merujuk pada warada (tunggal), artinya hadir. Di berbagai ayat arti wirid …
Janji Allah itu Pasti

Janji Allah itu Pasti

Janji Allah, tepatnya ketentuan Allah, termaktub di surat Al-Maidah:54. Jika pada satu kaum ada yan…