Warga Sungai Sariak Persiapkan Khataman Alquran

Warga Sungai Sariak Persiapkan Khataman Alquran

KABARLAIN, Kabupaten Agam - Warga Sungai Sariak mengakadan sejumlah persiapan perayaan Alquran yang akan digelar pada Minggu (24/3/2019). Warga yang termasuk dalam panitia kegiatan sudah mulai melaksanakan persiapan sejak hari Kamis. Persiapan yang dilakukan antara lain memasang hiasan di depan masjid Darussalam Sungai Sariak dan di pinggir jalan berupa umbul-umbul, hiasan dari daun enau dan memasang marawa, sejenis bendera khas Minangkabau dan memasang tenda.

 
Pada hari Jumat tidak begitu tampak persiapan karena memang persiapan puncak akan dilaksanakan pada hari Sabtu,  besok, termasuk mempersiapkan podium tempat peserta khatam Alquran akan mengaji.Menurut salah seorang panitia, pada tahun ini peserta khatam Alquran sebanyak 23 orang, murid dari madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) Sungai Sariak.

Kegiatan khatam Alquran merupakan sudah menjadi tradisi warga Sunai Sariak, yang dilakukan secara turun temurun di Minangkabau, tak terkecuali di jorong Sungai Sariak. Kegiatan ini bentuk rasa syukur para orang tua, guru, niniak mamak dan seluruh lapisan masyarakat karena anak-anak dan kemenakan mereka telah berhasil mempelajari membaca Alquran dan mengkhatamkannya untuk pertama kalinya.

Kegiatan khatam Alquran dimulai dengan mengadakan arak-arakan peserta khatam Alquran yang biasanya diiringi dengan rebana dan drumbandkeliling kampung. Kemudian acara dilanjutkan di dalam masjid, yaitu mendengarkan bacaan Aquran para peserta dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk para peserta agar ilmu yang mereka peroleh bermanfaat dan tidak dilupakan, doa akan dibacakan oleh salah seorang tetua kampung. Biasanya juga diberikan hadiah kepada peserta yang bacaan Al-Qur'an nya paling bagus sebagai bentuk apresiasi dan bantuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. (Ridho Akbar)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Terpopuler