Rommy Diduga Makelar Jabatan di Kemenag. Siapa Dalangnya?

Rommy Diduga Makelar Jabatan di Kemenag. Siapa Dalangnya?


KABARLAIN - Said Agil Husin Al Munawar, Menteri Agama di bawah kabinet Presiden Megawati Soekaroputri masuk penjara terkait kasus Dana Abadi Umat.  Menag Suryadharma Ali dijebloskan penjara di bawah kabinet Susilo Bambang Yudhoyono terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2010-2013 dan penggunaan dana operasional menteri. Akankah Lukman Hakim Saifuddin, Menag di bawah kabinet Presiden Joko Widodo, menyusul terkait kasus Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy (Rommy)? Entahlah. 




Penangkapan Rommy jelas mencoreng aib Kemenag RI. Rommy diduga menjadi makelar jabatan strategis di bawah Kemenag. Padahal Rommy bukanlah pejabat Kemenag. Dia anggota DPR RI Komisi XI yang tak berurusan soal jabatan di Kementerian Agama. 

KPK sudah bertindak. KPK menetapkan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan  (PPP) Romahurmuziy sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi dalam seleksi jabatan di Kementerian Agama. Kasus jual beli jabatan di Kemenag memang jadi masalah krusial. Tentu saja, publik menunggu keberanian KPK usut tuntas sampai ke akar-akarnya. Siapakah dalang di baik permainan Rommy. 

Persoalannya kemudian, jabatan setingkat Kakanwil itu, yang tanda tangan dan melantik Menag. Lantas, sepak terjang Rommy menjamin posisi Kakanwil bekerja sama dengan siapa? Apakah mungkin Rommy bermain sendiri? Jika Rommy bermain dengan siapa dia bermain mengingat posisi Kakanwil yang menentukan dan melantik sosok Menag. Tentu saja persoalan ini harus diusut tuntas oleh KPK.  Akankah KPK berani usut tuntas kasus Rommy terkait jual beli jabatan di Kemenag? 

Seperti sudah menjadi rahasia umum, proses assessment pegawai kemenag untuk pos-pos tertentu, banyak basa-basinya, termasuk seleski rektor dengan membentuk timsel. Ini cuma pola tiki-taka saja. 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Terpopuler

Wirid Harian

Wirid Harian

Wiridan. Wirid merujuk pada warada (tunggal), artinya hadir. Di berbagai ayat arti wirid …
Janji Allah itu Pasti

Janji Allah itu Pasti

Janji Allah, tepatnya ketentuan Allah, termaktub di surat Al-Maidah:54. Jika pada satu kaum ada yan…