Menyongsong Majlis Konvokesyen di Universiti Tehnologi Malaysa

Menyongsong Majlis Konvokesyen di Universiti Tehnologi Malaysa

KABARLAIN, Malaysia - Majlis Konvokesyen yang dalam Bahasa Indonesia, Acara Wisuda, merupakan acara yang digelar setiap dua kali setahun di Universiti Tehnologi Malaysia (UTM). Biasanya acara tersebut diadakan pada bulan Mei dan November. Tetapi Konvokesy kali ini dimajukan pada bulan April, tepatnya tanggal 29-30 April 2019.

Majlis Konvokesyen kali ini adalah Majlis Konvokesyen yang ke-62 dan akan diadakan di Dewan Sultan Iskandar, UTM. Untuk mengikuti Konvokesyen pada bulan April ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Salah satu persyaratan tersebut adalah mahasiswa harus memasukkan tesis yang telah diperbaiki setelah viva voce untuk program doktoral.



A. Parianti, mahasiswi Program Doktoral, yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan mengatakan jika ingin mengikuti Konvokesyen bulan April harus memasukkan perbaikan tesis paling lambat tanggal 25 Maret 2019”. Dia menuturkan bahwa hampir saja dia tidak dapat mengikuti konvokesyen kali ini karena keterlambatan perbaikan tesis. Padahal jauh-jauh hari dia telah berjanji akan membawa keluarganya untuk mengikuti konvokesyen pada bulan april yang akan datang.   

Menurut A. Parianti, persyaratan selanjutnya adalah senat letter dapat diartikan sebagai surat kelulusan. Jika surat ini telah keluar maka calon wisudawan atau wisudawati dapat mengikuti Konvokesyen dan jika tidak mendapatkan senat letter, maka calon wisudawan atau wisudawati tidak dapat mengikuti Konvokesyen bulan April tetapi boleh menunggu konvokesyen bulan November. Persyaratan lainnya seperti pembayaran Konvokesyen, surat undangan Konvokesyen dan lainnya dapat dilakukan secara online. Selanjutnya

"Saya juga telah mengembalikan kunci work space, ruangan yang diberikan untuk mengerjakan tesis bagi program doktoral. Doakan ya," ucap Parianti

Untuk persiapan ini, Parianti mengaku telah memesan hotel untuk keluarganya yang akan menghadiri hari  Konvokesyen.

"Sebenarnya saya ingin memesan kamar di hotel Scholar Inn UTM yang terdapat dalam kampus. Hotel milik UTM ini selain harganya lebih murah dibanding hotel yang berada di luar kampus juga dapat memudahkan akses ke acara Konvokesyen nantinya, tetapi pihak hotel belum dapat melayani pemesanan untuk acara konvokesyen saat ini," tukas Aprianti.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pemesanan kamar di hotel yang dimiliki  UTM ini untuk acara Konvokesyen ada jadwal tertentu yang harus diikuti. Hal ini dilakukan karena banyaknya peminat yang ingin memesan kamar disekitaran tanggal tersebut.. (Andriani Amin)


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Terpopuler

Lima Tips Cari Jodoh

Lima Tips Cari Jodoh

Banyak sekali orang yang hidup mewah, pendidikan tinggi dan kebutuhan lebih dari cukup t…