Membahayakan, Lubang di Tengah Jembatan Kalikarang

Membahayakan, Lubang di Tengah Jembatan Kalikarang


KABARLAIN, Purbalingga - Lubang berukuran sekitar 15 X 90 cm di salah satu celah Jembatan Kalikarang, Karangmoncol, Purbalingga, terlihat menganga. Kurang lebih berjarak dua 23 meter dari ujung timur jembatan. 


"Tadinya cuma lubang biasa. Sebesar botol Aqua besar. Lambat laun ya seperti ini," ujar seorang lelaki yang hendak memancing di bawah jembatan. 

Saat mengamati lubang tersebut dari dekat, terlihat ada pecahan aspal dan cor beton yang tertahan pada pilar jembatan. Retakan pada aspal terlihat memanjang hampir selebar jalan. Cor beton penyangga aspal pun berpotensi amblas dan ambrol. Kemungkian besar karena tekanan beban kendaraan terutama dari truk bermuatan material yang sering melintasi jembatan. 

Sampai berita ini ditulis (23/3) belum ada tanda peringatan terpasang. Berdasarkan pengamatan, beberapa pengendara roda dua yang melaju dari arah timur terkejut saat kendaraan sedikit goyang. Mereka baru tahu ada lubang ketika  dekat dan sulit menghindar. 


Saat meminta keterangan Kunjarto (27) warga Desa Pekiringan, yang rumahnya di sebelah Barat jembatan, ia mengatakan bahwa ambrolnya cor beton itu tidak sekaligus tapi dua hari ini sudah terlihat panjang.  

"Belum terlihat ada aparat yang datang ke lokasi," tutur Kunjarto. Menurutnya, lubang itu bisa membahayakan pejalan kaki yang lewat berolah raga setelah subuh. Padahal tidak ada penerangan jalan. 

"Untungnya sampai hari ini belum ada yang terperosok di situ," ujarnya. 

Jembatan Kalikarang merupakan penghubung dua desa, Pekiringan dan Grantung di Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga.  Memiliki lebar tujuh meter dan panjang sembilan puluh satu meter. Secara resmi infrastruktur ini mulai digunakan pada 23 April 2013.  (Prasojo)



Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Terpopuler