Bisnis Kos dan Warung Makan di Sekitar Undip Semarang Atas

Bisnis Kos dan Warung Makan di Sekitar Undip Semarang Atas


KABARLAIN - Perkembangan ekonomi daerah Semarang bagian atas semakin meningkat sejak dibangunnya Kampus Terpadu UNDIP di Tembalang. Perubahan keadaan sosial itu pun berdampak pada perilaku masyarakat. 

Hal tersebut tentu saja menjadi hal positif  bagi dunia bisnis, karena banyak mahasiswa yang mencari tempat tinggal dan juga kebutuhan  sehari-hari. Menjamurnya warung-warung dan juga rumah sewa atau kos memenuhi perkampungan di sekitar area kampus. Imbasnya marak terjadi pembangunan kos dan  rumah  makan namun mengabaikan kepentiungan warga.

“Rumah saya kebanjiran karena material menumpuk di sekitar pembangunan kos sebelah itu Bu, sehingga menghalangi air mengalir,” kata salah satu warga Tanjungsari, Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

“Iya, rumah saya juga, air masuk rumah,” timpal yang lain.



Pemilik kos yang sebagian tidak tinggal di kampung tersebut dan pemborong yang bertugas sebagai pelaksana pembangunan, tidak memperhatikan etika di lingkungan kampung telah menimbulkan berbagai gesekan. Belum lagi perilaku dari tukang bangunan yang pernah dilihat oleh beberapa warga mengambil buah rambutan di pohon salah satu warga tanpa meminta izin, itu pun menjadi masalah tersendiri. 

Perkembangan dunia bisnis itu bagus dan sah-sah saja akan tetapi jika tidak dibarengi dengan kepedulian terhadap lingkungan sekitar akan menimbulkan masalah yang rumit pula. Seperti kasus di atas, bukan saja tetangga yang merasa terganggu, akan tetapi timbul lagi masalah yang lain, yaitu sistim saluran air yang tidak diperhatikan. Saat musim hujan terjadi genangan yang cukup dalam pada berbagai titik.

Bisnis kos-kosan dan warung makan di sini memang menjanjikan karena berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat, namun hal tersebut telah mengikis kepedulian antar sesama maupun lingkungan alam sekitar, sehingga tidak sedikit yang mengalami kerusakan. Semarang atas yang dahulu bukanlah daerah banjir, kini semakin banyak titik genangan air yang cukup dalam. (Indah W. Dahlan)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Terpopuler

Wirid Harian

Wirid Harian

Wiridan. Wirid merujuk pada warada (tunggal), artinya hadir. Di berbagai ayat arti wirid …
Janji Allah itu Pasti

Janji Allah itu Pasti

Janji Allah, tepatnya ketentuan Allah, termaktub di surat Al-Maidah:54. Jika pada satu kaum ada yan…