Anak-anak Rentan Terjangkit ISPA

Anak-anak Rentan Terjangkit ISPA

KABARLAIN - Memasuki musim dan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, masyarakat diimbau mewaspadai terjangkitnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut ( ISPA) yang dipicu oleh perkembangan virus dan bakteri. Menurut Mawar, salah satu dokter di Klinik Utama Qita Bandung, perubahan cuaca yang ekstrIm dari panas ke dingin atau sebaliknya, polusi udara dan debu menyebabkan menyuburnya virus dan bakteri pemicu penyakit ini, yang banyak menyerang pada anak-anak.
Selain faktor cuaca, penyakit ini juga disebabkan oleh pola hidup dan lingkungan yang tidak sehat serta kurang terjaga kebersihannya. Makan makanan yang kurang sehat, istirahat tidak teratur bisa menyebabkan imunitas tubuh pada anak melemah dan memudahkan virus dan bakteri masuk.


Anak-anak yang menderita ISPA biasanya mengalami gejala-gejala seperti pilek, batuk dan demam berhari-hari. Bila gejala-gejala ini muncul, diharapkan orang tua segera memeriksakan putra putrinya ke Puskesmas atau klinik terdekat untuk segera ditangani dan diobati.

Penyakit ISPA bisa disembuhkan dalam waktu tiga hari sampai seminggu dengan pengobatan yang teratur dan intensif sesuai dengan petunjuk dokter.

Selain pengobatan medis, sangat penting menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. Berikan asupan makanan yang sehat bergizi untuk anak-anak, jaga selalu agar lingkungan bersih, sehat dan nyaman membantu membentuk imunitas tubuh anak-anak agar prima dan tidak mudah terjangkit virus dan bakteri pemicu ISPA.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Terpopuler

Lima Tips Cari Jodoh

Lima Tips Cari Jodoh

Banyak sekali orang yang hidup mewah, pendidikan tinggi dan kebutuhan lebih dari cukup t…